Pesona Wisata Museum Angkut Kota Malang | Sarana Wisata Sambil Belajar

loading...



Kota Malang di kenal juga dengan julukan kota Apel. Berada di ujung pulau jawa bagian timur, kota Malang merupakan salah satu kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Jawa Timur. Kota Malang juga termasuk dalam kategori kota terbesar di Jawa Timur.

Menurut sejarah, kota Malang sendiri didirikan pada masa Kerajaan Kanjuruhan di masa lampau. Kota Malang saat ini letaknya berada persis di tengah – tengah Kabupaten Malang dan juga merupakan bagian dari wilayah Malang Raya.

Secara geografis kota Malang lokasinya berada di daerah dataran tinggi dengan luas wilayahnya sekitar 145,28 km² yang dihuni oleh kurang lebih sebanyak 800 ribu jiwa penduduknya.

Karena letaknya yang berada di daerah pegunungan dan dataran tinggi membuat kota Malang memiliki udara yang sangat sejuk sekali. Selain dari itu kota yang satu ini juga dikenal sebagai salah satu tujuan wisata karena memang memiliki banyak sekaili tempat - tempat menarik yang bisa kamu kunjungi pada saat liburan. Setelah membahas tentang Air terjun Coban Rondo disini pada postingan sebelumnya maka kali ini akan saya ulas mengenai Museum Angkut Malang.

A. Sekilas Tentang Museum Angkut Malang

Sebuah tempat yang sangat menarik dan sangat unik yang bisa kamu masukkan kedalam daftar tempat yang wajib kamu kunjungi di Kota ini adalah Museum Angkut Malang.  Tempat tersebut merupakan salah satu tempat wisata baru yang diresmikan pada tanggal 9 Maret 2014. Dan kebetulan pada tahun ini saya juga sudah mengunjunginya. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini akan saya ulas mengenai wisata Museum Angkut di Kota Malang lengkap dengan photo - photo yang menarik.

Museum angkut Malang bisa di kategorikan dalam skup wisata edukasi. Karena selain berwisata Bagi  kamu yang ingin mengetahui sejarah transportasi di Indonesia bisa melihatnya di sini. Dengan desain layout yang sangat menarik kamu jelas akan menyukai serunya berpetualang di obyek wisata museum angkut yang juga memiliki nama keren Movie Star Studios ini. 

B. Museum Angkut (Movie Star Studios)

Museum angkut Malang juga tercatat sebagai museum transportasi pertama di daratan Asia. Tidak mengherankan jika sejak pembukaannya pada tanggal 9 Maret 2014, museum tersebut selalu ramai oleh kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara.


Dengan tema transportasi museum tersebut sangat cocok untuk kunjungan study tour sekolah - sekolah di Indonesia. Dengan sedikit sentuhan tangan - tangan kreatif dari para seniman yang ada, maka menjadikan museum angkut tampil seperti sebuah layaknya studio film. Jika kamu beruntung ketika berkunjung kesana kamu akan menjumpai banyak even dari berbagai macam komunitas seni di kota Malang.  Tempat tersebut juga banyak di pakai untuk tempat pengambilan photo prewedding, video klip, film dan sebagainya. Pokoknya di jamin seru dan tidak mengecewakan. Banyak sekali spot photo yang menarik dan instagramable.

C. Bagaimana Akses Rute  Menuju Ke Museum Angkut Malang.

Sebagai informasi, Objek wisata Museum Angkut ini lokasi persisnya berada di Jalan Terusan Sultan Agung Atas Nomor 2, Kota Wisata Batu, Malang dimana lokasinya masih berada di tengah - tengah pusat kota  Malang sehingga akan mempermudah para wisatawan yang akan mengunjunginya. Banyak tersedia moda transportasi yang menuju kesana.

Berikut ini sedikit panduan untuk kamu jika ingin berkunjung kesana :
  • Apabila kamu berasal dari luar kota Malang maka kamu bisa menggunakan moda transportasi umum seperti bus antar kota ataupun kereta api, kemudian bisa dilanjutkan menggunakan angkutan umum atau taksi lokal untuk menuju ke lokasi.
  • Jika kamu menggunakan moda transportasi pribadi baik mobil atau motor dan masih bingung menuju ke lokasi, maka tidak perlu takut tersesat di jalan. Kamu bisa menggunakan aplikasi penunjuk lokasi seperti google maps, Waze dan sebagainya untuk memandu. Asal kamu sudah sampai di kota Malang maka tidak perlu cemas dan khawatir karena pasti akan sampai ke lokasi.
Akses menuju lokasinya sangat mudah sekali karena  Malang merupakan kota pariwisata yang tentunya dukungan transportasi pun sudah sangat mencukupi dan  mumpuni. Apalagi saat ini sudah ada transportasi online baik sepeda motor atau mobil dari aplikasi Go-Jek, Uber maupun Grab yang bisa dipesan melalui smartphone Anda. Jadi, kapan kamu akan berkunjung kesana ?

D. Informasi Harga Tiket Masuk

Berdasarkan informasi harga tiket masuk ke Museum Angkut sebagai berikut :
  • Senin - Kamis ( Workdays ) : IDR 70.000
  • Jum'at - Minggu ( Weekend ) : IDR 100.000
Note :
Harga tiket di atas sudah termasuk tiket masuk  wahana d’Topeng Kingdom Museum.

Untuk informasi jam operasional Museum adalah :
  • Bukan jam 12.00 WIB.
  • Tutup jam 20.00 WIB
Sebagai informasi tambahan, pada sore hari pengunjung cenderung lebih ramai, maka kamu perlu mengatur waktu kunjungan kamu agar kenyamanan kamu tidak terganggu.

D. Apa Yang Menjadi Daya Tarik Dari Museum Angkut Malang ?

Sesuai dengan jenis tema yang diusungnya yakni transportasi atau angkutan, maka museum yang satu ini sudah pasti memiliki koleksi berupa benda – benda klasik yang berhubungan dengan dunia otomotif seperti mobil dan sepeda motor. Hal itu tentu sangat menarik bagi komunitas pecinta transportasi dan komunitas otomotif sehingga sangat sesuai untuk dikunjungi oleh para pecinta otomotif yang menyukai model kuno nan klasik.




Di dalam museum Angkut ini kamu akan bisa menyaksikan berbagai macam jenis mobil dari berbagai merek, mulai dari pabrikan Jepang hingga merek – merek populer dari Eropa dan juga Amerika Serikat. Museum angkut ini sangat cocok dan pas sebagai tempat berphoto - photo dengan background benda - benda transportasi. Jadi kamu jangan lupa untuk mempersiapkan kamera smartphone terbaik kamu. Di museum ini juga terdapat peraturan bagi kamu yang membawa kamera DSLR atau Mirrorless akan dikenakan biaya masuk tambahan sebesar 30 ribu Rupiah. Jadi jangan lupa kamu siapkan dananya.

Sekilas Info !!!
Gallery Photo Museum Angkut Malang klik disini

Tujuh macam wahana yang cukup menarik di Museum Angkut adalah :

1. Wahana Helikopter Republik Indonesia

Helikopter yang di pajang di museum ini merupakan  helikopter asli di era kepemimpinan Ir. Soekarno. Dulu beliau pun sering menaiki helikopter ini. Kini kamu memiliki kesempatan melihat secara langsung dan mempelajari tentang sejarahnya di museum ini.


2. Wahana Parade Hollywood

Untuk bisa merasakan nuansa dan atmosfir Hollywood, kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke Amerika sana untuk melihat suasana Hollywood karena kota pusat dari film box office ini bisa kamu rasakan nuansanya di museum ini. Ada banyak mobil-mobil klasik yang digunakan bintang Hollywod saat pembuatan film di sini.

3. Wahana Gangster Town

Kamu bisa merasakan suasana gangster Amerika bergaya koboi di era tahun 1930-an di sini. Ada banyak miniatur bangunan pada zaman itu serta mobil retro dari Amerika dan kerennya mobil-mobil ini masih bisa dioperasikan.

4. Wahana Buckingham Palace

Ini adalah wahana yang paling elegan dan paling keren di sini. Kamu bisa merasakan sensasi berjalan di istana Inggris yang sangat legendaris itu walaupun hanya dari replikanya saja. Namun demikian nuansa yang akan kamu rasakan seperti benar-benar sedang berada di kediaman Ratu Elizabeth, menikmati tamannya dan berbagai miniatur dengan karakter kerajaan Inggris.

5. Wahana Runway 27

Apakah kamu ingin merasakan berada di dalam kabin pesawat kepresidenan Indonesia dengan versi yang nyata? Berada dalam kabin pesawat VVIP, kamu bisa menikmati kemewahan seperti meja makan dan meja kerja sang presiden.

6. Wahana d’Topeng Kingdom

Sebagaimana yang saya kemukakan di atas tiket masuk wahana ini sudah termasuk kedalam tiket masuk Museum, jadi kamu tidak perlu membayar lagi untuk bisa masuk kedalam.
Di dalam wahana ini terdapat koleksi topeng-topeng unik dan klasik dari berbagai daerah di Indonesia.

Berbagai macam dan jenis  peninggalan masa lalu dari sabang sampai dengan merauke terdapat di Museum D’Topeng. Tak hanya topeng saja, namun ada juga senjata tradisional yang terkenal hingga penjuru dunia.

Ribuan koleksi topeng, senjata tradisional dan alat-alat antik ini tentunya mempunyai berbagai macam kisah, baik kisah bahagia, keseruan, hingga mengharukan. Musuem D’topeng adalah tempat yang tepat untuk belajar dan mengagumi kekayaan sejarah Indonesia tercinta.

7. Wahana Pasar Apung Nusantara

Setelah kamu puas berkeliling di Museum Angkut Malang, kini saatnya kamu mengisi tenaga dengan berwisata kuliner di Pasar Apung Nusantara yang  juga masih berada di dalam kawasan ini.

Sesuai namanya, maka para penjual di sini berada di atas perahu yang mengapung sehingga menyerupai Pasar Apung yang ada di sungai Barito, Kalimantan Selatan. Di tempat ini kamu akan menemukan banyak pedagang yang menjual berbagai macam hidangan lezat dari berbagai macam daerah di Indonesia.

Note : Pasar Apung ini sangat instagramable. Jadi sambil berkelling di atas perahu kamu bisa sambil berswaphoto atau berphoto bersama dengan teman - teman kamu.

E. Informasi Tempat Menginap

Ada beberapa Hotel Terdekat yang bisa saya rekomendasikan buat kamu yang ingin bermalam di kota Malang, diantaranya adalah :
  • Pondok Jatim Park hotel & cafe
  • Klub Bunga Butik Resort
  • Griya Sekar Kedhaton
  • Villa and Family Hotel Gradia 1
  • Villa Kencana Apel
  • Zamzam Hotel and Resort
  • The Batu Villas
  • Baliku Guest House
  • Riverstone Hotel & Cottage
  • Hotel Surya Indah
  • Griya Imafa
F. Rekomendasi  Obyek Wisata terdekat Yang Menarik.

Mumpung masih di kota Malang, kamu bisa melanjutkan kunjungan esok hari ke beberapa tempat wisata yang sangat menarik, diantaranya :
  • Batu Night Spectacula
  • Eco Green Park
  • Wildlife Museum
  • Jatim Park 1
  • Jatim Park 2
  • Air terjun Coban Rond
  • Batu Floating Market
  • Taman Rekreasi Selecta
  • The Bagong Adventur
  • Batu Secret Zoo
Tempat - tempat wisata tersebut akan saya ulas dan share pada artikel - artikel selanjutnya.

F. Tips Wisata Ke Museum Angkut Malang

Jika kamu ingin merasakan ketenangan serta kepuasan menjelajahi area museum ada beberapa tips buat kamu yang perlu di perhatikan yakni:
  • Jika kamu membawa kendaraan pribadi khususnya mobil, datanglah lebih awal untuk mengantisipasi padatnya tempat parkir khususnya pada kunjungan di akhir pekan.
  • Beberapa tempat dan lokasi wahana dalam museum jaraknya cukup berjauhan, untuk itu persiapkan kondisi fisik dalam keadaan prima sebelum berkunjung ke sini dan jangan lupa bawalah selalu air mineral agar tidak dehidrasi.
  • Adanya larangan membawa bekal baik makanan atau minuman (kecuali makanan bayi) maka sebaiknya kamu tidak usah membawanya kedalam lokasi. Karena percuma, nantinya barang bawaan kamu akan diperiksa oleh security saat pemeriksaan tiket masuk. 
  • Adanya larangan membawa senjata tajam, menyalakan api, merokok ataupun membawa hewan peliharaan ke dalam museum.
  • Jika membawa balita, siapkan bekal seperti makanan bayi, susu, pempers dan baju ganti agar bayi tetap nyaman dan tidak rewel.
Itulah tips untuk kamu perhatikan selama berkunjung di Museum Angkut Malang. Selamat berlibur..
loading...

Post a Comment

0 Comments