Rekomendasi Obyek Wisata Dieng Wonosobo | Padang Savana

loading...

sumber : www.diengplateu.com

Sebuah rekomendasi tempat wisata anti mainstream buat kamu yang menyukai petualangan atau adventure adalah Padang Savana di kawasan wisata dataran tinggi Dieng. Letaknya berada di kawasan lembah Semurup yakni di kaki gunung Pangonan Dieng. Di sana kamu akan menjumpai sebuah padang savana yang luas dengan rerumputan yang setinggi lutut kamu, dengan pemandangan yang indah sepanjang mata memandang. 
Luasnya padang savana akan membuat jiwa kita begitu damai dan tenang jauh dari hiruk pikuk kesibukan dan rutinitas kota. Di sana kamu dapat merasakan betapa besar kuasa Tuhan telah menciptakan alam dengan sangat indahnya.

Kamu bisa menjelajahi sepanjang padang savana ini dengan berjalan kaki, sambil menikmati dan merasakan kedamaian yang sangat terasa. 

Kawasan padang savana Dieng di sebut oleh masyarakat sekitar sebagai lembah semurup. Istilah tersebut merupakan adaptasi dari kata bahasa inggris yakni summer up. Ketika musim kemarau tiba kawasan padang savana tersebut akan berubah warna menjadi kecoklat - coklatan sedangkan jika kamu mengunjunginya ketika musim penghujan maka padang savana tersebut akan berubah warna kembali menjadi hijau.

Padang savana Dieng ini berada di tengah - tengah gunung Pangonan sehingga jika kamu melihatnya dari atas maka akan tampak seperti sebuah mangkok besar. Padang tersebut terbentuk karena letusan gunung  Pangonan pada masa lampau, namun sekarang ini sudah tidak aktif lagi.

Keindahan padang savana ini akan terasa lengkap jika kamu membawa peralatan kamera untuk mengabadikan beberapa tempat yang indah dan instagramable. Sambil tracking dengan berjalan kaki akan semakin memacu andrenalinmu untuk menjelajahi padang savana tersebut. 

Jika kamu ingin bermalam di padang savana tersebut kamu bisa mendirikan tenda - tenda untuk bermalam di kaki gunung Pangonan tersebut. Ketika fajar pagi tiba maka kamu bisa menikmati indahnya sunrise matahari dari balik gunung Sindoro. Nanti di sore hari kamu juga bisa menikmati indahnya sunset dengan menghilangnya matahari di balik gunung Slamet.  

Dari kaki gunung Pangonan tempat kamu mendirikan tenda camping, kamu juga bisa menyaksikan pemandangan yang sangat indah seperti telaga Merdada, areal pertanian, kawah Sikidang yang melegenda, kawasan pedesaan dan asap - asap gas belerang yang muncul dari proses geothermal di kawasan Dieng tersebut. 
Padang Savana di kawasan wisata dataran tinggi Dieng ini bisa kamu jangkau melalui beberapa titik awal. Salah satu diantaranya adalah  dari pos jalur pendakian yang berada di Desa Karangsari, Kecamatan Batur,  kabupaten Banjarnegara. Jalur yang lain yaitu melalui Kemudian melalui jalur pendakian dari area Museum Kailasa. Jalur pendakian dari arah Telaga Merdada dan bisa juga melalui jalur pendakian yang dapat dilewati melalui area Kawah Sikidang. 

Lama waktu pendakian dari jalur yang paling cepat yakni  kurang lebih 20 menit. Sedangkan jika kamu mengikuti jalur  pendakian terpanjang maka lamanya waktu pendakian kurang lebih sekitar 2 jam perjalanan. Semua akses dan jalur pendakian menuju Padang Savana Dieng akan menyuguhkan pemandangan - pemandangan alam yang mempesona serta beraneka ragam. Pemandangan indah sepanjang jalur pendakian tersebut  akan mampu mengalihkan pikiran kamu dari rasa sakit karena kaki yang lelah. 

Jadi segeralah berkunjung kesana untuk menghilangkan rasa penasaranmu dan ujilah jiwa petualanganmu dengan cara tracking di padang savana Dieng.

Referensi:
diengplateu.com


loading...

Post a Comment

0 Comments