Rekomendasi Obyek Wisata Dieng Wonosobo | Bukit Sidengkeng

loading...
Sumber:diengplateu.com

Melanjutkan artikel tentang kawasan wisata di dataran tinggi Dieng, kali ini saya akan mereview salah satu obyek wisata di sana yakni kawasan Bukit Sidengkeng Petak Sembilan. Apa saja yang bisa kamu nikmati di sana ? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Kawasan Wisata Bukit Sidengkeng Petak Sembilan Dieng
Sesuai dengan namanya yakni Bukit Sidengkeng maka letak kawasan wisata ini tentu saja adalah sebuah bukit yang berada di dalam kawasan wisata Dieng.
Jika kamu mencari spot photography terbaik maka kawasan Bukit Sidengkeng adalah salah satu daftar yang wajib untuk kamu kunjungi.

Salah satu alasan yang menjadikan kawasan bukit Sidengkeng ini menjadi sangat menarik kunjungan dari para Wisatawan adalah view pemandangan alamnya yang sangat indah. Dari sini kamu bisa melihat indahnya landscape dan pemandangan alam kearah dua telaga yang berada di sana yakni Telaga Warna dan Telaga Pengilon dengan utuh. Artinya kamu bisa melihat dua buah telaga tersebut tanpa terhalang oleh apapun. 


Telaga pengilon

Dengan background gunung Prau yang menjulang dan puncaknya biasanya tertutup kabut, maka kamu bisa melihat pantulan dan gradasi warna dari kedua telaga tersebut begitu indah dan sayang untuk di lewatkan begitu saja. Dan jika kamu membawa peralatan photography maka kamu bisa mengabadikan pemandangan di sana. Hamparan pegunungan yang nampak hijau semakin menyejukkan mata dan membuat pemandangan di bukit Sidengkeng begitu perfect dan sempurna.


Telaga warna

Akses menuju ke kawasan Bukit Sidengkeng juga mudah dan tidak sulit. Berjalan menyusuri jalan setapak yang menuju ke atas, maka kamu akan melewati gerbang Wana wisata petak sembilan. Sepanjang perjalanan selama kurang lebih lima belas menit, maka di samping kiri dan kanan jalan setapak tersebut kamu akan di suguhi pemandangan alam berupa hijaunya tanaman pohon Akasia dan juga bermacam - macam jenis bunga yang indah. Hal itu menjadikan perjalanan kamu menjadi tambah menyenangkan dan  tidak merasakan letih akibat jalan setapak yang menanjak ke atas.
Untuk mencapai kawasan wisata bukit Sidengkeng petak sembilan ini  maka kamu dan juga para pengunjung yang lain harus melewati sebuah pintu gerbang yang di buat dan didesain mirip dengan sebuah Candi dengan tulisan besar yaitu " Wana Wisata Petak 9 Dieng" . Kamu dan para pengunjung lainnya akan langsung  disambut dengan tanaman bunga terompet di kanan dan kiri jalan. Sementara itu didalam kawasan petak sembilan dapat kamu lihat bermacam - macam serta aneka jenis tanaman  yang merupakan tumbuhan endemic  di kawasan Dieng.  


Sumber:dzofar.com

Dengan koleksi tanaman endemik yang  berjumlah kurang lebih sekitar 75 jenis tanaman endemik yang sudah ada maka Wana wisata petak sembilan ini lumayan banyak. Saat ini kawasan wisata petank sembilan tersebut dalam proses pengembangan. Salah satu tujuannya adalah agar nantinya  tempat ini kedepan dapat dijadikan sebagai sarana tempat belajar tentang aneka jenis flora yang mulai langka dan hampir punah. 
Menurut pihak pengelola kedepannya wana wisata petak sembilan akan didesain seperti layaknya sebuah Kebun Raya Mini atau arboretum dengan koleksi hampir semua jenis flora atau tanaman endemik Dieng. Wana wisata petak sembilan ini mempunyai luas sekitar 6,7 Hektar.Tempat ini sendiri sudah sejak lama menjadi tempat untuk melakukan penelitian tanaman oleh para Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi khususnya di pulau Jawa, karena koleksi jenis tanaman liarnya  yang sangat lengkap.
Proses penambahan koleksi jenis flora di lakukan secara perlahan namun pasti . Penataan dan pembangunan lokasi terus dilakukan agar para pengunjung dapat lebih merasa nyaman ketika berada dilokasi ini. Wana petak sembilan ini juga  dapat  dijadikan sebagai tempat istirahat  sementara setelah seharian capek berkeliling di kawasan Dieng. Para pengujung dapat duduk lesehan diatas rerumputan dibawah rindangnya pohon akasia yang ada di sana sambil menikmati makanan yang mereka bawa. Wana wisata petak sembilan ini merupakan satu-satunya hutan  yang dekat dengan jalan raya, sehingga keberadaannya senantiasa dijaga oleh berbagai pihak terlebih lagi oleh pengelola wana wisata petak 9 Dieng ini.
Ketika kamu sudah sampai di atas puncak bukit Sidengkeng maka semua rasa lelah  akibat jalan menanjak akan hilang seketika. Hal tersebut karena terobati oleh pemandangan alam yang sangat menakjubkan disana. View gunung Sindoro yang nampak berwarna biru dikejauhan sana menjadi background lukisan alam yang sangat sempurna. Perbukitan berwarna hijau dan kecoklatan tampak seperti hamparan permadani yang dibentangkan begitu menyejukkan mata.

Sekilas info : MAP of Dieng Plateu



Sementara itu didepan mata kamu akan terpampang hamparan telaga warna dan telaga pengilon yang digarisi dengan tumbuhan ilalang yang berwarna hijau. Gradasi dan pantulan warna dari air telaga tampak sangat jelas dinikmati dari atas bukit Sidengkeng ini. Itu semua sudah pasti membuat pandangan mata kamu akan jernih kembali. Selain kamu dan pengunjung lokal lainnya disana juga banyak sekali wisatawan asing yang menyempatkan diri untuk berlama-lama di bukit yang dulu pernah direncanakan sebagai tempat gardu Pandang oleh gubernur Jawa Tengah.  Proses penentuan lokasi gardu pandang ini memang telah melewati berbagai  riset dan juga penelitian yang dilakukan oleh para ahli sampai akhirnya diputuskan menjadi tempat terbaik untuk melihat Dieng dari ketinggian. So, buat kamu yang berencana ke Dieng jangan lupa mengunjungi kawasan wisata bukit Sidengkeng petak sembilan ini.

Selamat berlibur

loading...

Post a Comment

0 Comments