Rekomendasi Obyek Wisata Dieng Wonosobo | Telaga Warna

loading...


Salah satu dari beberapa buah telaga yang ada di kawasan Wisata Dieng adalah Telaga Warna. Sesuai dengan namanya maka penampakan permukaan air telaga warna ini sangat indah dan berwarna warni. Dengan gradasi warna alam sekitar yang terpantul ke permukaan air telaga menghasilkan paduan warna yang indah. Dengan dominasi warna hijau tua dan campuran warna hijau muda hingga kecoklatan menghasilkan kombinasi penampakan permukaan air telaga yang mempesona.

Lokasi telaga warna sendiri berada dalam kawasan cagar alam atau balai konservasi, dengan di kelilingi oleh bukit - bukit yang yang berada di sekitarnya. Sebelum kamu sampai di lokasi telaga warna kamu akan di sambut terlebih dahulu dengan banyaknya bunga - bunga Hortensia yang berada di sepanjang jalan sebelum pintu gerbang kawasan telaga warna tersebut. Penampakan gerbang lokasi sendiri di design dengan tempelan batuan alam yang tampak serasi.Area sepanjang pejalan kaki sendiri sudah bagus karena sudah di pasangi paving block sehingga membuat wisatawan yang berkunjung semakin merasa nyaman. Setelah sampai di lokasi maka kamu akan di sambut dengan segarnya udara di sekitar telaga. Area pejalan kaki sendiri nampak teduh dengan naungan pohon - pohon Akasia yang berada disana.



Ketenaran akan eksotisme pemandangan di kawasan telaga warna sendiri sudah sejak lama di akui oleh para wisatawan. Bagaikan menyimpan sebuah romantisme telaga warna selalu mengundang rasa penasaran bagi para wisatawan yang berkunjung ke kawasan Dieng. Bahkan sejak jaman kolonial Belanda ketenaran telaga warna sudah di akui oleh dunia.

Bagaikan sepasang sejoli, keberadaan telaga warna dengan telaga pengilon seakan tidak terpisahkan dan hanya di batasi oleh tumbuhan ilalang di antara kedua telaga tersebut. Menurut cerita dari mulut kemulut keberadaan telaga warna tidak lepas dari cerita Dewi Nawang Wulan. Menurut cerita pada awalnya air telaga warna ini berwarna bening dan jernih. Suatu ketika putri Nawang Wulan mandi di dalam telaga tersebut. Namun ketika sudah selesai mandi ternyata ada selendang bidadari yang mengawal Dewi Nawang Wulan tertinggal di dalam telaga tersebut. Dan akibatnya air telaga warna tersebut berwarna warni seperti sekarang.


Menurut para ahli, telaga warna bisa berwarna warni karena adanya kandungan sulphur di dalam telaga tersebut. Selain itu di dalam telaga juga terkandung belerang. Kedua hal tersebut yang menyebabkan permukaan air telaga bisa berubah - ubah warnanya karena pantulan dari sinar matahari kedalam telaga warna tersebut.

Namun satu hal yang pasti, apakah mitos cerita dewi Nawang Wulan tersebut  benar atau tidak atau pendapat para ahli yang bisa benar dan bisa tidak, keindahan telaga warna tetap mengundang decak kagum bagi siapa saja yang pernah berkunjung kesana. Apakah kamu salah satu orang yang pernah berkunjung kesana ? Atau mungkin kamu salah satu orang yang berniat pergi kesana ?

Lokasi persis dari telaga warna berada di pinggir jalan utama untuk menuju ke lokasi desa Wisata Sembungan yang merupakan lokasi desa tertinggi di seluruh pulau jawa. Sayangnya kamu tidak bisa menikmati keindahan telaga warna dari jalan tersebut karena tertutup oleh pepohonan Akasia dan juga tumbuhan gelagah yang cukup tinggi. Jadi jika kamu penasaran, tidak ada cara lain selain kamu datang langsung ke lokasi telaga warna tersebut.




Luas area telaga warna sendiri sekitar 39 hektare. Di kawasan ini banyak terdapat gua - gua yang menyimpan banyak cerita yang mengandung nilai - nilai yang luhur seperti Goa Semar, Goa Jaran dan Goa Sumur. Hingga saat ini masih banyak masyarakat sekitar yang mengunjungi Goa - Goa tersebut untuk sekedar menyepi dan bermeditasi.

Di dalam Goa Sumur terdapat sumber mata air yang di anggap suci oleh penganut  agama Hindu. Air suci tersebut di sebut Tirta Perwita Sari atau air kehidupan. Air tersebut di anggap suci oleh para penganut agama Hindu Bali. Seperti di ketahui masyarakat Bali mempunyai hubungan erat dengan penganut agama Hindu di kawasan Dieng tersebut. Untuk bisa masuk kedalam Goa Sumur tersebut kamu harus mendapatkan ijin dari juru kunci nya terlebih dahulu karena tidak sembarang orang bisa masuk kedalam Goa tersebut.



Demikianlah sedikit Review tentang kawasan wisata Telaga Warna. Nikmati keindahan kawasan wisata Dieng lainnya dengan membaca reviewnya di blog ini.
loading...

Post a Comment

0 Comments