Rekomendasi Obyek Wisata Dieng Wonosobo | Telaga Menjer

loading...
Telaga Menjer, sumber:pinterest

Setelah kemarin saya menulis review tentang telaga Warna Link, di kawasan wisata Dieng kali ini saya akan mereview salah satu telaga yang lain di kawasan Dieng yang tidak kalah indahnya yakni telaga Menjer. Telaga Menjer sendiri merupakan telaga yang paling luas yang berada di kawasan Dieng.

Telaga Menjer mempunyai area seluas 70 hektare kedalaman air telaga sekitar 60 meter. Telaga Menjer terletak pada ketinggian 1300 meter diatas permukaan laut (Mdpl) dan terletak di bawah gunung Sikundi. Telaga Menjer mulai di kenal dunia karena photo - photo nya yang di publikasikan oleh warga yang berkebangsaan Belanda di sekitar tahun 1940 an.



Karena letaknya yang berada di kaki gunung Sikundi membuat sumber air telaga Menjer senantiasa melimpah. Selain di gunakan sebagai sumber pengairan lahan pertanian, air telaga Menjer juga di manfaatkan untuk kegiatan pariwisata seperti lokasi pemancingan dan sebagainya. Bahkan pada tahun 1982 pemerintah telah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di lokasi telaga Menjer tersebut.

Pesona dan keindahan telaga Menjer menjadi favorit bagi para wisatawan lokal dan mancanegara yang berkunjung ke Dieng. Dengan Gunung Sikundi yang lebat serta jajaran bukit - bukit serta bebatuan yang alami seolah menjadi pengawal bagi keasrian dan keindahan telaga Menjer.



Untuk kamu yang ingin berkunjung ke telaga Menjer, maka kamu bisa menuju kota Wonosobo di Jawa Tengah. Nantinya dari pusat kota Wonosobo kamu bisa menuju kearah utara kota Wonosobo dengan jarak sekitar 12 km dan lama perjalanan sekitar 30 menit. Telaga Menjer sendiri sangat mudah di jangkau karena berada pertengahan jalur wisata kearah kawasan dataran tinggi Dieng. Kamu hanya perlu berbelok kearah kiri sebelum pasar tradisional Garung.

Untuk membuat kenyamanan bagi para wisatawan yang datang berkunjung ke telaga Menjer maka pihak pengelola kawasan wisata tersebut telah menyediakan berbagai macam fasilitas dan prasarana penunjang seperti toilet umum, Musholla dan tempat parkir kendaraan yang cukup luas dan mampu menampung kendaraan dalam jumlah yang banyak. Untuk kamu yang ingin makan memang belum tersedia tempat makan sekelas restoran namun kamu bisa makan di warung - warung makan yang menjual makanan dan juga minuman di kawasan tersebut. 

Landscape Telaga Menjer hampir mirip dengan kawasan wisata di daerah puncak Jawa Barat.Di sebelah atas telaga terdapat perkebunan teh yang cukup luas. Lokasi sekitar telaga juga sangat cocok untuk kegiatan outbond. Telaga Menjer sangat indah kalau di lihat pada pagi hari dan menjelang sore hari. Ini karena pantulan dari birunya langit akan nampak nyata di permukaan air telaga yang jernih. Pun dengan bayangan pepohonan di sekitar telaga nampak nyata di permukaan air telaga Menjer.



Buat kamu yang ingin sekedar mencoba hobby untuk memancing di telaga Menjer maka kamu bisa menyewa perahu kepada penduduk sekitar telaga tersebut. Kamu juga bisa menyewa peralatan untuk kegiatan memancing kepada mereka. Jika kamu sudah berada di kawasan telaga Menjer ini maka kamu akan betah untuk berlama - lama di sana. 

Demikian review tentang kawasan Wisata Telaga Menjer, buat kamu yang penasaran segera masukkan telaga Menjer dalam list liburan kamu.
loading...

Post a Comment

0 Comments