Rekomendasi Obyek Wisata Dieng Wonosobo | Dieng Theater

loading...

Sumber:pinterst

Wahana Dieng Theater merupakan wahana mengenal kawasan wisata di Dieng dalam bentuk video visual dan juga audio.

Kawasan Wisata Dieng Theater

Ketika kita datang berkunjung ke suatu negara atau sebuah daerah atau sebuah kawasan wisata tentunya kita akan mencari referensi yang tepat. Gunanya tentu saja adalah agar kita lebih mengenal wilayah yang akan kita kunjungi, ada apa saja di sana, bagaimana adat istiadat di sana, bahasanya dan sebagainya. Datang berkunjung ke sebuah kawasan wisata tanpa terlebih dahulu mencari referensi yang tepat tentu akan membuat kita kebingungan, mau ngapain kesini ? 

Ini adalah alasan di balik di bangunnya Dieng Theater. Di dalamnya di putar beberapa film pendek dokumenter tentang kawasan wisata Dieng diantaranya "DIENG NEGERI KHAYANGAN" atau "GOD ADOBE". Dieng Theatre di bangun atas prakarsa dari Gubernur Jawa Tengah. Lokasinya berada di puncak bukit dan oleh orang - orang lebih di kenal dengan nama DPT atau Dieng Plateu Theater.


Film "Dieng Negeri Khayangan" ini merupakan sebuah film dokumenter yang menjelaskan mengenai sejarah dan kehidupan di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Film yang diputar tersebut memiliki subtitle atau judul dalam Bahasa Inggris . Hal tersebut tentu saja agar mempermudah para wisatawan asing dan mancanegara dalam memahami alur ceritanya. Film dokumenter tersebut bercerita tentang asal-muasal terjadinya Dataran Tinggi Dieng yang dimulai  dari  terjadinya letusan gunung raksasa,  kemudian tentang kejadian geologi, seni budaya, kawasan obyek wisata,  tentang kehidupan sosial masyarakat Dieng,  terjadinya letusan Kawah Sinila yang sangat terkenal pada waktu itu, kemudian tentang sejarah rambut gembel anak-anak Dieng, Tradisi melakukan ruwat cukur rambut gembel, sampai terjadinya fenomena “Bun Upas” yang mematikan lahan pertanian. Alur cerita dalam film ini disajikan dengan cukup informatif dengan alur cerita yang mudah dipahami semua kalangan.
Kawasan Dieng plateu Theater atau DPT ini berada di bukit Sikendil dan diresmikan  penggunaannya oleh Presiden RI Bpk. Susilo Bambang Yudoyono pada tanggal 6 Maret 2006. Saat ini DPT menjadi tempat yang di tuju  oleh para pengunjung dan wisatawan sebagai cara untuk lebih mengenal dan mencari referensi serta  memahami kawasan wisata dataran tinggi Dieng sebelum nantinya mereka menjelajahi semua obyek yang ada di sana. 

Kalau kita intip ke bagian dalam gedung, untuk bagian dalam terdiri dari 99 buah tempat duduk yang cukup nyaman. Sementara itu pada bagian luar gedung menjadi tempat istirahat yang nyaman bagi para pengunjung sambil menikmati pemandangan alam Dieng yang indah dari puncak bukit Sikendil tersebut. Beberapa fasilitas yang bisa di manfaatkan oleh pengunjung yang ada di Dieng Plateau Theater ini adalah  toilet umum, mushola, tempat parkir kendaraan dan warung - warung yang menjual jajanan khas seperti kentang goreng, teh wulung, mie instan, jagung bakar serta bermacam - macam minuman baik dingin maupun hangat.

Akses menuju ke kawasan DPT ini terbilang mudah dan gampang untuk di lalui.
Jadi buat kamu yang berkunjung ke  Dieng pastikan kamu mampir ke Dieng Plateu Theater ini terlebih dahulu agar kamu mendapatkan gambaran tentang kawasan Dieng.

Enjoy your trip and vacation..
loading...

Post a Comment

0 Comments