Rekomendasi Obyek Wisata Dieng Wonosobo | Kawah Sileri

loading...

Kawah Sileri, sumber:pinterest

Salah satu obyek wisata yang cukup menarik untuk kamu kunjungi di kawasan dataran tinggi dieng adalah Kawah Sileri. Namun bilamana kamu berkunjung kesana perlu untuk lebih berhati - hati mengingat kawah tersebut adalah kawah aktif yang masih terus mengeluarkan gas. Untuk itu kamu perlu kiranya menyediakan masker untuk berjaga - jaga. Dan jika kamu membawa serta anak kecil sebaiknya jangan di lepas sendirian karena mengingat lokasi yang cukup ekstrim dan cukup membahayakan keselamatan anak - anak. So  safety first lah ya, daripada nanti terjadi hal yang tidak kamu inginkan.

Kawasan Wisata Kawah Sileri Dieng

Kawah Sileri adalah kawah aktif terbesar yang berada di lokasi kawasan dataran tinggi Dieng. Lokasi kawah Sileri terletak di desa Kepakisan Dieng. Jika kamu berada di desa Kepakisan dan akan menuju ke wahana pemandian air panas Bitingan maka kawah Sileri berada di tengah - tengah jarak perjalanan kamu tersebut. Dalam sejarahnya kawah Sileri tersebut telah beberapa kali meletus yakni tahun 1944, 1946, 1984, 2003 dan 2009. Kondisi kawah Sileri sendiri saat ini sangat aman untuk kamu kunjungi. Jd jangan lewatkan kesempatan berkunjung kesana.

Luas area dari kawah Sileri tersebut adalah kurang lebih 4 hektar. Dari desa Kepakisan jaraknya sekitar 7 km dengan lama perjalanan sekitar 15 menitan. Di sepanjang jalan kamu akan menjumpai banyak kepulan asap karena pengeboran yang di lakukan oleh pemerintah untuk kepentingan Pembangkit Listrik Tenaga Uap ( PLTU ). Setelah melewati sebuah tugu yang cukup tinggi dengan tulisan grafir mengenai bencana yang terjadi pada masa sebelumnya maka kamu akan segera tiba dilokasi. Lokasi kawah berada di jalan bawah menuju area pemandian air panas Bitingan.

Sumber:pinterest

Ketika kamu turun dari kendaraan yang kamu naiki, maka kamu akan di sambut dengan sejuknya udara di sekitar kamu berada, walaupun rasanya agak sedikit kering. Untuk mencapai kedekat bibir kawah maka pihak pengelola telah membuat tangga dari beton yang disusun berjajar membelah ladang milik penduduk. Pengelola juga menyiapkan semacam gazebo sebagai tempat untuk beristirahat. Kamu bisa berswaphoto di lokasi kawah Sileri ini dengan latar belakang kepulan asap kawah Sileri tersebut. Dari gazebo tersebut kamu bisa memandang dengan jelas kearah kawah yang terus menerus mengeluarkan asap tebal tentu dengan background pemandangan yang indah yakni lahan pertanian penduduk di sekitar lokasi kawah tersebut. Seperti yang sudah saya katakan di awal artikel ini buat kamu yang kurang tahan dengan bau belerang maka kamu bisa menggunakan masker yang sudah kamu persiapkan.
Sebagai penutup artikel ini sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu sebenarnya dari mana nama Sileri tersebut belajar. Sileri berasal dari kata Leri atau air sisa dari cucian beras sebelum di masak. Air yang mengalir dari kawah dan menuju ke sungai Dolog yang warnanya silver itulah yang kemudian di beri nama Leri atau Sileri. 

Okey, sobat traveller, buat kamu yang merencanakan waktu berlibur silahkan masukkan nama Kawah Sileri dalam list kamu.

Selamat berlibur
loading...

Post a Comment

0 Comments