Pulau Burung | Rekomendasi Wisata Pantai Di Banten

loading...



Pulau Burung adalah salah satu destinasi wisata pantai alternatif yang sangat recommended untuk anda kunjungi. Pulau burung atau biasa di sebut dengan nama pulau dua ini berada di kawasan wisata pantai di propinsi Banten dan memiliki landscape pemandangan alam yang mempesona dan sangat menakjubkan.

Selain pantai yang indah pulau burung merupakan rumah dan juga habitat dari berbagai macam jenis burung yang memiliki warna buku berwarna - warni dan indah. Karena menjadi habitat dari berbagai jenis burung inilah maka pulau tersebut akhirnya di beri nama pulau burung. Kawasan pulau burung oleh pemerintah telah di tetapkan sebagai kawasan cagar alam di propinsi Banten selain Taman Nasional Ujung Kulon.



Buat anda yang menyukai photography maka pulau burung adalah syurga yang wajib untuk anda kunjungi. Anda bisa mengabadikan berbagai macam jenis burung dengan peralatan photography anda dan memilih spot berphoto yang banyak sekali, dan semuanya sangat instagramable.

Jika di lihat secara geografis pulau burung berada di wilayah desa Sawah Luhur Kecamatan Kasemen, Kabupaten Serang Provinsi Banten.

Letak pulau burung berada di sisi sebelah utara kota Serang dan berjarak sekitar 30 an kilometer. Letaknya juga tidak jauh dari kawasan wisata religi Banten lama.


Sumber:tempatwisataindonesia.id

Kawasan pulau burung di dominasi oleh tumbuhan mangrove khas pantai pesisir dan juga tumbuh - tumbuhan lain seperti misalnya pohon Ketapang, pohon Cangkring, pohon Kepuh dan pohon Dada.

Darimana asal usul burung yang mendiami kawasan Cagar Alam pulau Burung berasal ?

Burung - burung tersebut berasal dari wilayah bumi bagian utara serta selatan. Burung - burung tersebut bermigrasi secara massal ke pulau Burung untuk menghindari musim dingin disana. Menurut data ada sekitar 10.000 an burung dan sekitar 108 jenis burung yang berbeda. Dari jumlah tersebut hampir sepertiganya adalah burung pendatang atau migran yang berasal dari tempat lain. Burung - burung tersebut  hanya datang pada bulan - bulan tertentu saja. Jadi penting bagi anda jika ingin melihat ribuan burung di pulau tersebut mak datanglah pada rentang antara bulan Maret hingga bulan Juli di setiap tahunnya.

Dengan luas sekitar 30 hektar kawasan Cagar Alam pulau burung hanya di jaga oleh seorang penjaga hutan saja. Tentu saja dia adalah orang yang sangat menjunjung dedikasi yang sangat tinggi mengingat sangat tidak mudah menjaga kawasan Cagar Alam yang begitu luas seorang diri.



Sumber:tempatwisataindonesia.id

Bagi anda yang berniat kesana, anda tidak perlu takut karena tidak tahu jalan. Anda tinggal menuju ke kawasan Banten Lama, dan selebihnya anda tinggal bertanya kepada penduduk di sekitar sana. Mereka dengan senang hati pasti akan membantu anda.

Selamat berlibur
loading...

Post a Comment

0 Comments