Pulau Sangiang | Destinasi Wisata Eksotis Di Anyer Banten

loading...


Salah satu tujuan wisata yang cukup populer di kawasan Anyer adalah Wisata ke Pulau Sangiang. Menonjolkan sisi keindahan landscape alamnya maka tidak salah jika Pulau Sangiang ini menjadi salah satu destinasi tempat wisata di kawasan Anyer banten yang menarik untuk di kunjungi.  

Pulau Sangiang memiliki luas sekitar  700 hektar. Pulau ini menyimpan berbagai  macam tempat wisata menarik yang wajib banget kamu kunjungi dan kamu eksplore.
Di tempat ini kamu tidak hanya akan di suguhkan dengan pemandangan alamnya saja yang indah, eksotis dan mempesona tetapi kamu juga dapat menikmati  aneka wisata bahari, wisata budaya, wisata ilmiah , edukasi dan banyak sebagainya.


Sumber:pulausangiang.com

Di pulau Sangiang ini kamu dapat menikmati peninggalan sisa-sisa perang dunia kedua berupa benteng-benteng peninggalan penjajah jepang yang masih berdiri kokoh hingga sekarang.

PULAU SANGIANG,  atau sebagian orang ada juga yang menyebutnya pulau Sanghyang adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Selat Sunda, yakni antara pulau Jawa dan pulau Sumatra. Secara administratif pemerintahan, pulau Sangiang ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Serang, provinsi Banten. Pulau Sangiang ini terletak pada titik kordinat antara 105′49′30″ – 105′52′ Bujur Timur 5′56′ – 5′58′50″ Lintang Selatan. Jarak tempuhnya hanya membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit saja dari kawasan wisata Anyer, dengan menggunakan kapal atau perahu bermotor. 

Pulau Sangiang sekarang ini telah dijadikan Taman Wisata Alam oleh Pemerintah. Pada awalnya pulau ini merupakan Cagar Alam seluas 700,35 Hektare, kemudian pada tahun 1991 perairan di sekitar kawasan pulau Sangiang diubah menjadi Taman Wisata Alam Laut seluas 720 ha. Pada tanggal 8 Februari 1993 melalui SK Menteri Kehutanan No. 55/Kpts-II/1993 kawasan Cagar Alam diubah fungsinya menjadi Taman Wisata Alam dengan luas 528,15 hektare.
Pulau Sangiang sangat cocok buat kamu yang menyukai petualangan dan tantangan. Pulau ini bukanlah merupakan sebuah pulau tujuan wisata yang penuh dengan fasilitas mewah seperti hotel dan sebagainya, namun minimnya fasilitas layaknya pulau yang hilang itulah yang menjadi daya tarik tersendiri untuk dikunjungi terutama bagi kamu yang berjiwa petualang.


jika di lihat dari kejauhan pulau ini memang tampak sepi sekali, begitupun ketika sampai di dalamnya. Pulau Sangiang ini memang hanya dihuni oleh sekitar 40 kepala keluarga saja dan itupun bertempat tinggal berpencar diberbagai belahan pulau atau tidak dalam satu tempat saja. Hanya ada sekitar 7-8 rumah yang memusat di Kampung Sangiang dengan dermaganya yang sederhana, selebihnya menyebar di berbagai sisi pulau.
Di pulau ini kamu bisa menyaksikan berbagai macam fauna langka, seperti jenis Lutung (Trchyptus Auratus), jenis Kera (Macaca Fascicularis), Jenis Kucing Hutan (Felis Bengelensis), Jenis Landak (Hystrix Bachura), jenis Burung Walet (Collocalia Vulvanorum), jenis Burung Bluwok (Ibis Cinereus), jenis Kuntul Berang (Egretta Sacra), jenis Kuntul Kerbau (Ardeola Speciosa), jenis Kuntul Besi (Threskiornis Aethopica), jenis Alap-Alap (Elanus Hypoleucus), dan juga Ular Sanca (Phyton Reticularis). Berbagai jenis hewan tersebut dengan mudah  bisa kamu jumpai di kawasan pulau Sangiang ini.
Pada sisi bagian barat laut dan selatan Pulau Sangiang, serta di sepanjang Pantai Batu Mandi dan Gunung Gede, merupakan kawasan wisata alam yang menantang dan mengasyikkan. Kawasannya yang luas dan didukung oleh landscape medan yang beragam, memberi cukup ruang kepada pengunjung untuk melakukan berbagai kegiatan, seperti olahraga lintas alam, mendaki gunung, menyusuri lembah, berkemah, memotret, serta menikmati panorama pantai yang landai dan curam. Sangat lengkap rasanya jika bisa mengeksplore keseluruhan bagian pulau ini.
Bagaimana Cara Menuju Ke Pulau Sangiang ?
1. Dari Kota Serang

Taman Wisata Alam Pulau Sangiang  sendiri terletak di Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Jika kamu dari arah Kota Serang, kamu bisa naik bus atau kendaraan pribadi menuju arah kota Cilegon. Kemudian, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju ke kawasan wisata Anyer, dan berhenti di Pelabuhan Paku Anyer.

2. Naik Angkutan Umum Dari Jakarta Atau Bandung

Jika kamu datang dari Jakarta atau Bandung maka kamu bisa naik Bis Jurusan Merak dari terminal yang ada di Jakarta atau Bandung. Setelah itu turun di Simpang Cilegon atau Masjid Agung Cilegon, tarifnya sekitar Rp. 35.000 per orang. Waktu perjalanan dari Jakarta sekitar 2-3 Jam menuju Cilegon. Dari simpang Cilegon kemudian lanjutkan dengan naik angkot jurusan Anyer, lalu turun di Pelabuhan Anyer atau tepatnya Pelabuhan Paku. Dari Gerbang Pelabuhan Anyer masuk kedalam kearah pelabuhan dengan berjalan kaki sekitar 300m. Alternatif lain kamu bisa menyewa angkot dari Cilegon untuk diantar sampai ke pelabuhan dengan biaya sekitar Rp.100.000 – Rp.150.000.
3. Naik Angkutan Umum Dari Pulau Sumatera 

Jika kamu berasal dari pulau Sumatera maka kamu bisa turun di Pelabuhan Merak, kemudian Naik Bis Umum kearah Jakarta. Pilih Bis yang melewati Simpang Cilegon atau Simpang Pintu Tol Krakatau Steel. Dari simpang Cilegon lalu naik angkot jurusan ke Anyer, dan turun di Pelabuhan Anyer atau Pelabuhan Paku. Dari Gerbang Pelabuhan Anyer masuk kedalam kearah pelabuhan dengan berjalan kaki sekitar 300m.
Demikian sekelumit artikel tentang Pulau Sangiang, Syurga eksotis di kawasan Anyer provinsi Banten. 

Selamat berlibur
loading...

Post a Comment

0 Comments